Thursday 24 October 2013

Marcom & CRM (Part 1)

Dalam menjalankan bisnis tentunya kita membutuhkan marketing. Marketing yang akan saya bahas adalah Marketing Communication Mix.
1. Advertising : berupa iklan yang dimana semua orang tau. ada 2 macam iklan :
    - Above the line : bersifat luas, semua orang tahu, massal ( radio, tv, koran, majalah)
    - Below the line : bersifat lebih terlokalisir ( poster, baliho, plang nama, pameran)
2. Public Relation Functions:
   - Product Promotion :  adventorial / singkatan + cerita / narasi
   - Press Relation : relase gunanya untuk memberitahu ada acara
   - Corporate Communication : mempromosikan dengan cara menceritakan apa saja yang sudah dicapai
   - Lobbying : fungsi prelease agar menarik
   - Advising Management
3. Sales Promotion : ciri - cirinya adalah adanya waktu promosi singkat / ada batasan waktu. biasanya perbedaan harga sangat signifikan.
   - Price deal
   - Coupons
   - Rebates
   - Cross Promotion
   - Contes, games, sweeptakes : berupa lomba misalnya kontes L-man
   - Premium : promo untuk pelangan yang mampu. misalnya toko perhiasan memberikan paket liburan ke Korea untuk customernya yang sering belanja dan loyal
   - Sampling : free tester misalnya di supermarket ataupun celebrity fitness
   -Adv Specialties : biasanya dilakukan barter misalnya : berkerja sama dengan radio untuk mempromosikan acara semiar. dan memasang logo radio di acara seminar sebagai media partner.
4.Personal Selling : bisnis to bisnis
   - B2B : bisnis to bisinis (beli untuk digunakan bisnis) misalnya Pak Ci membeli projector untuk keperluan kampusnya
   - B2C : bisnis to customer (beli untuk digunakan sendiri)
   - C2C : customer to customer misalnya toko bagus, kaskus
5. Direct Marketing :
   - Direct Mail
   - Direct Selling
   - BBm, SMS masal, Broadcast
   - Print Media (brosur)
   - Telemarketing ( langsung pada orang bersangkutan )
   - Elektronic Media

No comments:

Post a Comment