Dalam menjalankan bisnis tentunya kita membutuhkan marketing. Marketing yang akan saya bahas adalah Marketing Communication Mix.
1. Advertising : berupa iklan yang dimana semua orang tau. ada 2 macam iklan :
- Above the line : bersifat luas, semua orang tahu, massal ( radio, tv, koran, majalah)
- Below the line : bersifat lebih terlokalisir ( poster, baliho, plang nama, pameran)
2. Public Relation Functions:
- Product Promotion : adventorial / singkatan + cerita / narasi
- Press Relation : relase gunanya untuk memberitahu ada acara
- Corporate Communication : mempromosikan dengan cara menceritakan apa saja yang sudah dicapai
- Lobbying : fungsi prelease agar menarik
- Advising Management
3. Sales Promotion : ciri - cirinya adalah adanya waktu promosi singkat / ada batasan waktu. biasanya perbedaan harga sangat signifikan.
- Price deal
- Coupons
- Rebates
- Cross Promotion
- Contes, games, sweeptakes : berupa lomba misalnya kontes L-man
- Premium : promo untuk pelangan yang mampu. misalnya toko perhiasan memberikan paket liburan ke Korea untuk customernya yang sering belanja dan loyal
- Sampling : free tester misalnya di supermarket ataupun celebrity fitness
-Adv Specialties : biasanya dilakukan barter misalnya : berkerja sama dengan radio untuk mempromosikan acara semiar. dan memasang logo radio di acara seminar sebagai media partner.
4.Personal Selling : bisnis to bisnis
- B2B : bisnis to bisinis (beli untuk digunakan bisnis) misalnya Pak Ci membeli projector untuk keperluan kampusnya
- B2C : bisnis to customer (beli untuk digunakan sendiri)
- C2C : customer to customer misalnya toko bagus, kaskus
5. Direct Marketing :
- Direct Mail
- Direct Selling
- BBm, SMS masal, Broadcast
- Print Media (brosur)
- Telemarketing ( langsung pada orang bersangkutan )
- Elektronic Media
1. Advertising : berupa iklan yang dimana semua orang tau. ada 2 macam iklan :
- Above the line : bersifat luas, semua orang tahu, massal ( radio, tv, koran, majalah)
- Below the line : bersifat lebih terlokalisir ( poster, baliho, plang nama, pameran)
2. Public Relation Functions:
- Product Promotion : adventorial / singkatan + cerita / narasi
- Press Relation : relase gunanya untuk memberitahu ada acara
- Corporate Communication : mempromosikan dengan cara menceritakan apa saja yang sudah dicapai
- Lobbying : fungsi prelease agar menarik
- Advising Management
3. Sales Promotion : ciri - cirinya adalah adanya waktu promosi singkat / ada batasan waktu. biasanya perbedaan harga sangat signifikan.
- Price deal
- Coupons
- Rebates
- Cross Promotion
- Contes, games, sweeptakes : berupa lomba misalnya kontes L-man
- Premium : promo untuk pelangan yang mampu. misalnya toko perhiasan memberikan paket liburan ke Korea untuk customernya yang sering belanja dan loyal
- Sampling : free tester misalnya di supermarket ataupun celebrity fitness
-Adv Specialties : biasanya dilakukan barter misalnya : berkerja sama dengan radio untuk mempromosikan acara semiar. dan memasang logo radio di acara seminar sebagai media partner.
4.Personal Selling : bisnis to bisnis
- B2B : bisnis to bisinis (beli untuk digunakan bisnis) misalnya Pak Ci membeli projector untuk keperluan kampusnya
- B2C : bisnis to customer (beli untuk digunakan sendiri)
- C2C : customer to customer misalnya toko bagus, kaskus
5. Direct Marketing :
- Direct Mail
- Direct Selling
- BBm, SMS masal, Broadcast
- Print Media (brosur)
- Telemarketing ( langsung pada orang bersangkutan )
- Elektronic Media
No comments:
Post a Comment